PEMERIKSAAN KESEHATAN RUTIN DI MTs PLUS NURUL IMAN

Di Posting Oleh : Muh. Jafar Guhir Pada Tanggal :03 Sep 2023 , Jam : 13:56:14 WITA
Sudah Dibaca : 898 Kali
Dalam kategori :Humas
PEMERIKSAAN KESEHATAN RUTIN DI MTs PLUS NURUL IMAN

Gambar : Kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Manfaat PHBS di Sekolah, yakni mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat. (https:// dinkes.okukab.go.id/phbs-di-tatanan-sekolah.html)

Munculnya penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah, ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat dilakukan melalui pendekatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).  PHBS di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. (https:// dinkes.kotimkab.go.id/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-di-sekolah)

Tim kesehatan (yang berjumlah 5 orang) dari Puskesmas kecamatan Oebobo Kota Kupang dipimpin oleh Ibu Sri Herlin Ernawati S.Kep.Ns. melakukan kunjungan ke MTs Plus Nurul Iman dalam rangka penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala UKS setempat.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 WITA di Aula Masjid Nurul Iman (sayap kiri) diawali dengan Penyuluhan Kesehatan dengan pembicara Ibu Afiani S. Kinlee, S.KM. Dilanjutkan dengan Pemeriksaan Kesehatan, kegiatan yang dilakukan pada hari Jum’at 01 September 2023 ini sasarannya ditujukan kepada para guru dan pegawai serta siswa-siswi kelas VII. dengan memanfaatkan Ruang Akreditasi Sekolah. 

Usai kegiatan pemeriksaan, penulis (yang memposting berita ini) berkesempatan mewawancarai pimpinan rombongan, Ibu yang mengenakan hijab ini pun memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka skrining kesehatan khususnya pada anak usia sekolah dan remaja terutama bagi siswa-siswi baru dengan tujuan untuk melakukan deteksi dini kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan. Harapannya menemukan secara dini masalah kesehatan anak dan tindak lanjut (intervensi) kesehatan sehingga dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Adapun tindak lanjutnya dengan peningkatan penyuluhan kesehatan dan pencegahan anemia khusus bagi remaja putri.

Adapun tindakan yang dilakukan oleh Tim Kesehatan kepada civitas akademika dalam kunjungan kali ini, selain memberikan penyuluhan kesehatan, juga dilakukan Pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pengukuran lingkar lengan atas, pemeriksaan mata, telinga, kuku, kulit, rambut, gigi serta pemeriksaan hemoglobin (Hb).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment