ENGLISH CAMP DAN RIHLAN 2024
Learning in action and al Lots of Fun

Di Posting Oleh : Muh. Jafar Guhir Pada Tanggal :15 Mei 2024 , Jam : 14:44:45 WITA
Sudah Dibaca : 284 Kali
Dalam kategori :Humas
ENGLISH CAMP DAN RIHLAN 2024

Gambar : Kegiatan English Camp & Rihlah


Salah satu tujuan diadakan kegiatan English Camp di Desa Tesbatan adalah sebagai Implementasi dari pembelajaran Bahasa Inggris dan English For Communication (EFC) pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTs Plus Nurul Iman Kupang. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia English Camp dan Rihlah Mr. Adi Iksan Bala, S.Pd. saat diwawancari oleh pihak jurnalis di sela-sela kegiatan English Camp yang berlokasi di Desa Tesbatan, Kabupaten Kupang, Mr. Iksan (sapaan akrab) yang juga koodinator EFC MTs Plus Nurul Iman ini juga berharap, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan juga semoga praktek Bahasa Inggris bisa diterapkan di dunia pendidikan dan juga di kehidupan sehari-hari.

English Camp juga merupakan salah satu agenda rutin MTs Plus Nurul Iman yang diperuntukan bagi siswa-siswi kelas IX sekaligus sebagai salah satu dari program kelulusan pada tahun pelajaran 2023/2024.

Berbeda dengan tahun sebelumnya kegiatan English Camp kali ini digabungkan dengan kegiatan Rihlah sehingga susunan panitia kegiatan English Camp dan Rihlah yang tercatat dalam Lampiran Surat Keputusan (SK) yang ditanda tangani oleh Kepala MTs Plus Nurul Iman tertanggal 23 April 2024 terasa lebih bervariasi dan lengkap.

Kepala MTs Plus Nurul Iman Ustaz Abd. Kadir Mau, S.HI, dalam kata sambutan, pada pembukaan kegiatan yang mengambil tema “Learning in action and al Lots of Fun” selain mengucapkan terima kepada berbagai pihak, beliau juga menyampaikan bahwa dipilihnya Desa Tesbatan sebagai lokasi kegiatan English Camp tentu ada alasannya, selain tempatnya sangat bersahabat, ada kesejukan yang luar biasa, panasnya Kota Kupang tidak sama dengan panasnya Desa Tesbatan, semoga pihak pemerintahan Desa Tesbatan maupun Yayasan Nurul Jihad tidak bosan-bosannya menerima kami, baik dari sisi kegiatan maupun dari sisi personilnya, Kata sambutan ini direspon balik oleh Pak Sukirman Masneno sebagai wakil dari Kepala Desa Tesbatan, dalam sambutannya, selain permohonan maaf yang disampaikan karena Ibu Kepala Desa Tesbatan tidak hadir karena ada satu dan lain hal, lebih lanjut beliau juga mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke Desa Tesbatan, hal ini merupakan satu kebanggaan serta tidak bosan kami mengharap kedatangan/kunjungan dari pihak MTs Plus Nurul, sekaligus membuka dengan resmi kegiatan English Camp Part 2, May 09th – 11th, 2024 at Tesbatan Village.  

Hadir pada kegiatan pembukaan English Camp ini, selain segenap civitas akademika MTs Plus Nurul Iman, Wakil Kepala Desa Tesbatan, hadir pula Kepala MTs Tarbiyatul Mu’allafin, Ustaz Achmad bin Salem Horsan, S.Ag, Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Mu’allafin Ustaz Hadi bin Ali Baladjam, Imam Masjid Nurul Jihad Tesbatan sekaligus  Ketua Yayasan Nurul Jihad Pak Muhammad bin Achmad Horsan beserta Ibu serta para tamu undangan. Acara seremonial pembukaan yang di pandu oleh Miss Nindi Kamila Indriwati, S.Pd. yang juga sebagai salah satu mentor EFC, dengan ungkapan English yanag fasih mempersilakan Mr. Rafiki Ardiansah, S.Pd membaca Ayat Suci Alqur’an beserta terjemahan dalam bahasa Inggris menambah semaraknya kegiatan ini, serta Pak Muhammad Bin Ahmad Horsan sebagai Imam Masjid Nurul Jihad memimpin kita dalam doa membuat suasana menjadi khidmat sebagai awal dari kegiatan English Camp tahun Pelajaran 2023-2024.

Ustaz Arifin Yunus, S.Pd selaku pendamping kelompok, saat diwawancarai oleh penulis di lapangan, tepat di lokasi kegiatan Jln. Oekabiti Harmoro RT. 012, RW 006 Tesbatan, Kab. Kupang, menyampaikan bahwa meskipun sudah ada jadwal yang jelas, anak-anak memang perlu terus di ingatkan dalam setiap kegiatan serta waktu untuk istirahat bisa dimanfaatkan dengan istirahat yang cukup, sedangkan terkait dengan materi kegiatan, lebih lanjut guru bahasa Indonesia ini menyarankan agar lebih terkait dengan materi-materi lokal. lain halnya dengan Ustaz Abdul Aziz, S.Pd. selaku bagian perlengkapan dan keamanan, memberikan kesan bahwa kegiatan kali ini memang lebih seru dan asik karena suasana dan cuaca yang mendukung dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meskipun agak lebih menguras tenaga dan perhatian.

Penulis juga berkesempatan wawancara dengan seksi konsumsi yakni ustazah Kartini S. Tambunan, S.Si, beliau mengungkap bahwa senang dengan semua kegiatan ini, terlebih terkait dengan konsumsi bahwa apa yang dimasak oleh tim konsumsi, itu yang diterima dan dimakan dengan senang. Hal ini juga dibenarkan oleh Ustazah Faridah Gesi Raja, S.Pd. lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa kerja sama menjadi hal yang baik, saat ditanya “adakah kendala yang dihadapi”? dengan senyum beliau menyampaikan bahwa harga bahan pokok yang berbeda lah yang menjadi kendala, guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika ini juga memberikan saran “pada kegiatan-kegiatan mendatang, ada roling personil konsumsi, sehingga ada regenerasi”.

Selepas kegiatan English Camp, dan sebelum pulang ke kota tercinta, para guru maupun siswa-siswi sempat berkunjung ke obyek wisata air terjun.

 

Penulis : Muh. Ja’far Guhir




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment